Berita Mancanegara

Berita Mancanegara dalam Perspektif Indonesia

Rusuh di Penjara Brazil, 60 Tewas

Diposting oleh On Selasa, Januari 03, 2017 with No comments

BRASIL - Sedikitnya 60 orang tewas akibat kerusuhan di sebuah penjara di Manaus, Amazon, Brasil. Kerusuhan diduga dipicu perang antar geng.

Kerusuhan di Kompleks Lembaga Pemasyarakatan AnĂ­sio Jobim (COMPAJ) mulai berkobar sejak Minggu sore dan berlangsung sekitar 17 jam. Kerusuhan baru reda pada Senin pukul 08:40 waktu setempat.

Sedikitnya 60 napi dilaporkan tewas tetapi angkanya kemungkinan bertambah. Otoritas menyita empat pistol, senapan laras panjang, serta senjata rakitan. "Kami telah berhasil masuk dan menguasai situasi," kata Sergio Fontes, Kepala Keamanan Amazon, sebagaimana dkutip dari Washington Post.

"Sejumlah napi kabur, kami masih mendata. Jumlah korban tewas sementara 60, semua laki-laki," lanjutnya.

Sumber tak resmi melaporkan, jumlah tahanan yang kabur mencapai 130 orang. Kerusuhan diduga akibat perang antara geng di dalam penjara tersebut. Otoritas menyebut kerusuhan melibatkan geng pengedar narkoba.

Sebelumnya pada  Minggu, sekitar 100 narapidana kabur dari penjara tersebut. Sebelum melarikan diri, para napi bahkan sempat melakukan selfie. Kerusuhan merupakan kejadian umum di sistem penjara yang penuh sesak di Brasil. Kekerasan dan penyakit juga marak.

Brasil memiliki jumlah penjara terbesar keempat di dunia setelah Rusia, Cina, dan Amerika Serikat. Di negara itu, penjara menjadi lahan subur untuk perekrutan anggota geng kejahatan. (lyn-04)
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »