Berita Mancanegara

Berita Mancanegara dalam Perspektif Indonesia

Tradisi Bakar Mobil di Perancis, 650 Mobil Hangus

Diposting oleh On Selasa, Januari 03, 2017 with No comments

PERANCIS - Tradisi "membakar mobil" saat perayaan tahun baru di Perancis kian mencemaskan. Sedikitnya 650 kendaraan hangus dan 500 orang ditangkap.

Russia Today melaporkan, perusuh membakar 650 mobil yang diparkir di sebuah lokasi perayaan.  Tradisi "membakar mobil" di Perancis dianggap sebagai simbol protes atas kemiskinan di negara itu. Aksi biasanya meletup di kawasan timur, dengan 90 kota di kawasan itu tergolong miskin. Pembakaran mobil dianggap sebagai bentuk ekspresi ketidakpuasan sosial.

"Jumlah mobil yang dibakar menunjukkan bahwa tradisi ini tidak dapat diterima," kata Menteri Dalam Negeri Bruno le Roux.

Sejumlah polisi terluka selama tahun baru beberapa provinsi. Di Nice, warga "bersuka ria" melempari polisi dengan berbagai benda. Petugas pemadam kebakaran juga diserang saat berusaha memadamkan  mobil yang terbakar.

"Saya menyesal atas banyaknya serangan kepada petugas. Bahkan ada petugas yang dihantam menggunakan palu," kata Bruno.

Bruno berjanji akan menangkap pelaku penyerangan kepada petugas. Meski jumlah mobil yang terbakar meningkat dibandingkan tahun lalu, kementerian bersikeras ada tren penurunan. "Dalam lima tahun terakhir, jumlah kendaraan yang dibakar menurun sebesar 20%", katanya.

Polisi menahan 454 orang. Sebanyak 301 didakwa dengan berbagai pelanggaran. Pada perayaan tahun baru sebelumnya, polisi menahan 622 orang. Hampir 300 kemudian didakwa ke pengadilan.

Insiden tertinggi terjadi pada kurun waktu 2005-2009. Pada 2010 dan 2011, Kementerian Dalam Negeri menolak merilis jumlah mobil yang dibakar. Diduga pemerintah "malu" atas banyaknya mobil yang dibakar. (lyn-04)
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »