Berita Mancanegara

Berita Mancanegara dalam Perspektif Indonesia

Headphone Meledak, Penumpang Pesawat Terluka

Diposting oleh On Rabu, Maret 15, 2017 with No comments

AUSTRALIA - Seorang penumpang pesawat mengalami luka bakar di wajah akibat headphone yang dia kenakan tiba-tiba meledak, Selasa (15/03). Insiden itu terjadi dalam penerbangan dari Beijing menuju Melbourne.

Identitas penumpang naas itu tidak disebutkan. Merujuk BBC, otoritas penerbangan Australia menyatakan wanita itu tengah tidur sembari mendengarkan musik. Ketika tiba-tiba headphonenya meledak.

Korban langsung mencopot piranti musiknya. Tetapi benda itu terlanjur meleleh dan membakar wajah dan telinga. Serta lecet-lecet pada tangan.

Biro Keselamatan Transportasi Australia (ATSB) memperingatkan penumpang pesawat agar berhati-hati menggunakan piranti dengan tenaga baterai. "Saya kaget tiba-tiba wajah saya terbakar. Saya segera melepas dan melemparnya ke lantai," kata korban.

Awak pesawat bergegas membantu dengan menyiramkan seember air. Tetapi piranti itu telanjur meleleh dan melekat ke lantai kabin.

"Sebagian rambut korban juga terbakar," kata ATSB dalam laporannya.

Tidak diungkap merek headphone yang digunakan korban. Namun sejumlah sumber menyatakan, insiden itu didduga terkait penggunaan baterai lithium-ion.

Pihak berwenang Australia telah menerbitkan pedoman terbang aman dengan baterai dan power pack. Mereka memperingatkan, penggunaan piranti dengan baterei telah meningkatkan risiko penerbangan.

Muncul sejumlah insiden penerbangan akibat baterai lithium selama beberapa tahun terakhir. Tahun lalu, sebuah pesawat batal lepas landas dari bandara Sydney. Pasalnya, terlihat kepulan asap dari bagasi. Setelah diperiksa, ditemukan ada baterai lithium terbakar di sebuah tas milik penumpang.

Sebuah perangkat elektronik juga mengeluarkan asap di sebuah kursi pesawat di AS, kata ATSB. Insiden yang melibatkan baterei banyak dialami ponsel Samsung, terutama seri Note-7. Namun produsen asal Korea itu telah menarik produknya yang dianggap tidak memenuhi standar keamanan. (sky-01)
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »