Berita Mancanegara

Berita Mancanegara dalam Perspektif Indonesia

Turki Rancang Sanksi Ekonomi untuk Belanda

Diposting oleh On Rabu, Maret 15, 2017 with No comments

TURKI- Pemerintah Erdogan diduga tengah merancang upaya untuk menjatuhkan sanksi ekonomi kepada Belanda. Ini terkait panasnya hubungan kedua negara selama sepekan terakhir. Kemungkinan itu diungkap Wakil PM Numan Kurtulmus dalam wawancara dengan stasiun televisi CNN.

Hubungan kedua negara anggota NATO itu memanas setelah Amsterdam menampik keinginan pemerintah Ankara agar diizinkan berkampanye di Belanda. Kampanye bagi warga Turki itu akan dilakukan menjelang referendum perluasan kekuasaan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. Pada Minggu (12/3) lalu, Presiden Erdogan mengancam Belanda akan "menanggung akibat" atas penolakan terhadap dua menterinya melakukan berkampanye di negeri Tulip itu.

Erdogan berjanji akan mengambil langkah balasan setelah pemilihan umum Belanda, Rabu (15/3). Turki juga mengkritik Uni Eropa (UE) yang dianggapnya tak adil karena memihak Belanda.

Kemarahan Turki ditanggapi dingin oleh Belanda. Hubungan diplomatik Turki dengan Belanda memanas setelah Amsterdam mengusir dua menteri Turki. Kedua menteri itu bermaksud menggalang dukungan untuk referendum konstitusi terhadap warga Turki yang bermukim di Belanda.

Ankara telah menutup kantor Kedutaan dan Konsulat Belanda di Turki sebagai tindakan balasan. Dilanjutkan dengan melarang Duta Besar dan pesawat Belanda masuk wilayah Turki. Ankara juga menangguhkan pertemuan diplomatik tingkat tinggi. (sky-01)
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »